Membangun Instalasi Rumah Yang Baik

Membangun Instalasi Rumah Yang Baik

Banyak dari kita, kurang menyadari yang namanya sanitasi suatu rumah, padahal sanitasi suatu rumah merupakan hal yang sangat penting dalam pembangunan suatu rumah. Bangunan atau rumah tinggal, baik modern atau pun jenis rumah lainnya, sanitasi sangatlah dibutuhkan. Bayangkan saja, jika suatu bangunan, padahal bangunan tersebut adalah bangunan mewah, saat kita memasuki ruangan tersebut, tiba-tiba kita mencium bau kurang sedap, baik itu dari toilet, atau pembuangan yang tersedat. Secara langsung, kita mungkin akan mengatakan bangunan tersebut merupakan bangunan yang jelek.

Tokoh dunia Mahatma Gandhi pernah berkata ‚Äúsanitation is more important than independence‚ÄĚ.

Sudahkah kamu mempunyai sistem sanitasi yang baik untuk bangunanmu? Berikut ini hal yang harus diperhatikan dalam merancang suatu sistem sanitasi.

1. Instalasi air bersih

Faktor utama dalam sanitasi suatu rumah adalah ketersediaan air bersih yang cukup, seluruh kegiatan sanitasi di rumah biasanya memakai air bersih. Untuk instalasi air bersih ada 2 hal yang dapat kamu lakukan, dan diterapkan di rumahmu.

  • Instalasi terbuka

Yaitu saluran air utama mengalir dari tangki utama lurus ke titik-titik di sepanjang pipa.

  • Instalasi tertutup

Yaitu saluran air utama mengalir dari tangki utama ketitik-titik percabangan saluran anak, dan berakhir di dekat pompa air.

2. Instalasi limbah

Ini sangat penting untuk rumahmu, karena jika instalasi rumah sampai mampet maka akan berpengaruh besar terhadap kenyaman di dalam rumah. Untuk instalasi limbah kamu dapat membuatnya dengan sistem pipa tunggal, karena jika kamu memakai pipa PVC, maka anggaran yang harus kamu keluarkan juga lebih besar.

3. Septic tank

Pembuatan septic tank dengan bangunan standar adalah sistem, ukuran dan prosedur pembuatannya. Dalam pembuatan septic tank yang kuat dan tahan lama harus memperhatikan agar septic tank tersebut bisa tahan asam, dan kedap air, dan tidak boleh ada rembesan agar tidak mencemari lingkungan sekitar.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *