Tips Membuat Taman Mungil di Dalam Rumah

Tips Membuat Taman Mungil di Dalam Rumah

Taman terbagi menjadi dua model yaitu taman basah dan taman kering. Untuk pembuatan taman mungil di dalam rumah, anda lebih cocok menggunakan model taman kering. Taman kering adalah taman yang menggunakan lahan kering dan tanaman yang di tanam tidak terlalu membutuhkan banyak air. Tanaman yang biasa di tanam adalah kamboja, bonsai, kaktus dan lain lain.

Beberapa cara yang bisa anda gunakan untuk membuat taman mungil:

1. Untuk membuat taman mungil ini anda jangan menggunakan tanah dan rumput sebagai alas taman mungil anda, ini dikarenakan rumput tidak mendapatkan sinar matahari yang cukup sehingga rumput akan mudah layu. Untuk taman mungil di dalam rumah anda, sebaiknya menggunakan batu dan meletakkannya di dalam pot.

2. Gunakan kanopi atau jaring sebagai atap, karena tanaman di taman mungil anda tetap membutuhkan sinar matahari dan juga udara, sehingga lebih baik menggunakan atap yang transparan.

3. Pilihlah tanaman yang tidak terlalu membutuhkan banyak air di taman kering anda misalnya saja kaktus, sikas, pandan bali dan masih banyak lagi.

4. Perhatikan system drainase taman mungil anda. Jangan lupa untuk menyirami tanaman anda minimal 2-3 kali. Agar tidak ada resiko genangan air, perhatikan aliran dari sisa penyiraman, karena genangan ini dapat menyebabkan tumbuhnya lumut.

5. Jika taman didalam rumah anda kurang pencahayaan sinar matahari, anda bisa menanam sayuran hidroponik di taman mungil anda, misalnya selada dan tomat. Agar tanaman tidak cepat membusuk perhatikan juga tingkat kelembaban taman anda.

6. Gunakan material anti jamur atau coating anti jamur agar taman ada bebas dari jamur. Karena biasanya taman di dalam rumah rentan terhadap kelembaban yang bisa menyebabkan tumbuhnya jamur pada taman anda.